Perjalanan Kelompok Evolution

22.09 / Diposting oleh We Are Evolution /

Nama Kelompok : Evolution

Ketua kelompok : Akbar ( F1B006022 )

Anggota Kelompok : Maya Sri Rahayu ( F1B008004 )

Anisa Pramitasari ( F1B008036 )

Triyana Riski I. ( F1B008059 )

Nena Andhini S. ( F1B008086 )

Motto : if you want a get more, it means you have to do more

Judul Bab : Seeing is Believing atau Believing is Seeing

CERITA KELOMPOK EVOLUTION

Saat ini kami sangat berbahagia, karena kami memiliki kelompok belajar yang baru, yaitu kelompok mata kuliah pengembangan organisasi. Kami sebelumnya tidak mengenal dekat satu sama lain, karena memang kelompok kami dipilih langsung oleh Bpk Ali Rokhman.

Tapi dengan adanya kelompok ini kami merasa bersyukur, karena kami diberi kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain, mungkin juga dengan anda-anda semua.
Kami juga kini memiliki tugas masing-masing di dalam mengemban tugas Pengembangan Organisasi yang diberikan oleh dosen kami.

Seiring waktu berjalan, banyak kisah dan kejadian yang telah kelompok kami alami, dapat dikatakan itu semua adalah suka duka kelompok kami dalam mengerjakan tugas-tugas mata kuliah pengembangan organisasi. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat kami untuk tetap meyelesaikan tugas ini dengan harapan semoga kelompok kami mampu menjadi yang terbaik.

Di dalam proses penggarapan tugas ini, masing-masing anggota di kelompok kami mempunyai pembagian tugas sendiri-sendiri, karena kami memegang prinsip bahwa pekerjaan akan semakin mudah dikerjakan dan cepat terselesaikan apabila di antara kami memiliki job desk masing-masing. Oleh karena itu, kerap kali kelompok kami melakukan rapat koordinasi dalam kurun satu minggu, di waktu itu kami menyempatkan setidaknya 1 s.d 2 kali rapat koordinasi untuk menyampaikan tugas kami dan mengetahui sejauh mana perkembangan tugas kami tersebut.

Dalam perjalanan kelompok pengembangan organisasi, banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, seperti :

1. Pembentukan nama kelompok

Di dalam pembentukan nama kelompok dilakukan di dalam kelas ketika perkuliahan Pengembangan Organisasi sedang berlangsung. Pak Ali Rokhman memberikan waktu atau kesempatan kepada semua anak untuk membentuk dan merumuskan kelompok masing-masing, seperti pembentukan nama kelompok, penunjukan ketua kelompok, dan penentuan moto sebagai motivasi kelompok masing-masing dalam penyelesian tugas.

Kelompok kami sepakat menggunakan nama “Evolution” yang diketuai oleh Akbar. Sementara itu, motto “if you want a get more, it means you have to do more” yang akhirnya kami pilih dari beberapa usulan moto setiap anggota evolution sebagai motivasi kami dalam penyelesaian setiap tugas yang diberikan dalam Pengembangan Organisasi agar hasil yang kami capai maksimal.

Kendala :

Berbagai aspirasi dituangkan setiap anggota, sehingga kami harus benar-benar dapat memilih nama apa yang di anggap paling cocok untuk kelompok kami. Karena setiap anggota memberikan ide yang disertai dengan alasan yang kuat, yang menjadikan salah satu kesulitan kami dalam memilih pilihan terbaik dari yang baik.

2. Pembuatan blog kelompok

Blog kelompok dibuat oleh Akbar dan dipercantik oleh Anisa Pramitasari. Kemudian blog tersebut disampaikan kepada setiap anggota, sehingga mereka dapat mengetahui blok kelompok yang mana masing-masing anggota dapat membuka ( meng-upgrade, menjawab pertanyaan, memberikan komentar, memberi pertanyaan kepada blog kelompok yang lain, serta dapat menuangkan ide ke dalam blog kelompok ).

3. Pembagian tugas resume buku “CHANGE

Pembagian tugas resume dilakukan oleh Nena Andhini dengan cara membagi materi resume Bab Seeing is Believing atau Believing is Seeing berdasarkan nomor urut nim. Dan proporsi banyaknya materi yang dibagikan dilakukan secara adil dan merata, sehingga mengurangi kecenderungan salah satu anggota meresume tugas lebih banyak dari anggota yang lain.

4. Penyatuan dan penyelesaian tugas resume

Penyatuan dan penyelesaian tugas resume dilakukan setelah semua anggota telah menyelesaikan dan mengumpulkan hasil resumenya masing-masing kepada ketua kelompok. Untuk selanjutnya tugas tersebut dilakukan oleh Akbar dan Nena Andhini. Yang kemudian hasil yang sudah fix tersebut kami postingkan ke dalam blog kelompok kami.

5. Pembagian tugas dalam memposting ke blog kelompok

Kegiatan posting dilakukan oleh seluruh anggota kelompok evolution. Kegiatan posting yang dimaksud di antaranya menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kelompok lain, memberikan pertanyaan kepada kelompok lain, dan termasuk di dalamnya memberikan komentar atau tanggapan baik untuk blog evolution maupun blog kelompok lain.

Kendala :

Ketika memposting hasil resume kelompok hasil postingan kerap kali menampilkan format yang tidak sesuai dengan aslinya, sehingga harus dilakukan berulang-ulang hingga mendapatkan hasil yang paling sesuai.

6. Print dan jilid hardcopy tugas resume

Tugas ini dilakukan oleh Triyana Riski Indah setelah softcopy tugas dipostingkan, hal tersebut dilakukan agar masing-masing anggota mempunyai dokumen berupa hardcopy tugas resume yang dipersiapkan untuk presentasi dan ujian.

7. Pembuatan power point presentasi tugas

Tugas ini dilakukan oleh Maya Sri Rahayu dan Anisa Pramitasari dengan mengacu pada hardcopy tugas yang telah dibagikan, yang mana juga disesuaikan dengan kesepakatan masing-masing anggota untuk menentukan bagian mana saja yang akan dipresentasikan.

Kendala :

Tugas ini memiliki kendala yang tersulit, karena setelah hasil powerpoint telah selesai, ternyata ada sebagian anggota kelompok yang kurang cocok dengan profil anggota yang ditampilkan dalam power point, dan hal itu memungkinkan terjadi kesalahpahaman antar anggota. Penyelesaiannya masing-masing anggota yang merasa kurang cocok dengan apa yang telah dihasilkan, harus menyampaikan alasan ketidakcocokannya dan juga memberikan solusi atau alternatif lain. Akan tetapi dengan adanya kejadian tersebut menjadikan kelompok kami lebih solid, kompak, dan setidaknya mengetahui karakter masing-masing.

8. Pembagian tugas untuk presentasi

Dlam presentasi yang akan dilakukan di perkuliahan Pengembangan Organisasi setiap anggota evolution memiliki tugas untuk menyajikan materi masing-masing sesuai dengan pembagian resume. Hal tersebut dilakukan agar setiap anggota berperan aktif daslam presentasi.

1 komentar:

Comment by E-D-F-A-T on 14 Juni 2010 pukul 05.57

Nama : Septiandita Arya Muqovvah
NIM : F1B008051
Pada Old Belief dan New Belief dalam menciptakan perubahan terdapat pandangan tentang suatu hal mengenai waktu yang berubah. Dimana New Belief dalam pernyataanya bahwa perubahan telah terjadi sebelum kita melihat. Namun menurut saya dalm kehidupan nyata masih sulit mencari tipe orang seperti ini. Apabila suatu tujuan belum jelas maka suatu perubahan akan sulit dimulai dan digerakan. Maka dari itu sebaiknya sebelum melihat kita sebaiknya memberikan destinasi yang jelas.

Posting Komentar